PENGANTAR KAJIAN MEDIA [3]
Catatan 12 September 2017
MEDIA TRENDS
Budaya yang berkembang di masyarakat Indonesia berubah-ubah seiring perkembangan jaman. Misalnya saja di tahun 1950 an budaya yang berkembang adalah membaca. Masyarakat lebih gemar membaca baik itu berita maupun ilmu pengetahuan, media yang berkembang di jaman ini adalah media cetak. Berdalih pada tahun 1970an, budaya masyarakat bergeser menjadi mendengarkan, berbeda pada tahun sebelumnya, media yang populer di jaman ini adalah radio. Semakin lama perkembangan media juga semakin pesat, di tahun 1990an hingga abad 20 budaya masyarakat menjadi bergeser menjadi menonton, pergersaran budaya ini juga dipengaruhi oleh masuknya media audio-visual berupa televisi ke Indonesia.
Pergeseran budaya menjadi salah satu faktor naik turunnya minat masyarakat terhadap media tertentu, koran misalnya, yang pada tahun 1998 mengalami peningkatan sebagai akibat dari revolusi dan kebebasan pers di Indonesia, namun memasuki era 20an mulai menurun karena persaingannya dengan media elektronik seperti radio dan televisi. Dalam perkembangannya ini lah, media juga memiliki “waktu” dimana bentuknya harus mengikuti jaman.
FRAGMENTASI MEDIA
Terjadi perubahan terhadap media menjadi lebih rinci. Dalam hal ini, media akan fokus terhadap spesifik tertentu, hal ini terjadi sebagai akibat dari kebutuhan audience yang berbeda. Selain itu, antar media juga telah terjadi persaingan, sehingga dalam perkembangannya perlu adanya fokus dalam bidang tertentu untuk menembak sasaran yang lebih jelas
AUDIENCE FRAGMENTASION
Pengelompokan audiens sebagai akibat dari fragmentasi media. Dalam perpecahan media terhadap satu titik fokus akan memiliki pembaca dengan klasifikasi yang berbeda. Klasifikasi tersebut akan merujuk pada minat tertentu, hal inilah yang kemudian disebut dengan audience fragmentasion
DISTRIBUTION OF PRODUCTS MEDIA BOUNDARIES
Hal ini telah banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah berita yang menjadi headline dalam media cetak, akan disounding melalui media broadcasting. Mengingat bahwa, media broadcasting memiliki tingkat ketertarikan yang lebih tinggi dibanding media cetak, sehingga diharapkan berita yang terdapat dalam media cetak juga bisa sampai kepada audiens.
GLOBALIZATION
Adalah era transaksi antar negara yang relatif bebas. Transaksi dalam hal ini tidak hanya sebatas barang saja, transaksi yang dimaksud dapat berupa informasi, ideologi, dan budaya. Dalam era ini dapat dikatakan borderless world ataupun dunia tanpa batas. Segala informasi dapat kita unduh secara realtime.
Adalah era transaksi antar negara yang relatif bebas. Transaksi dalam hal ini tidak hanya sebatas barang saja, transaksi yang dimaksud dapat berupa informasi, ideologi, dan budaya. Dalam era ini dapat dikatakan borderless world ataupun dunia tanpa batas. Segala informasi dapat kita unduh secara realtime.
CONGLOMERATION
Adalah kepemilikan dari operasional media oleh satu organisasi tertentu.
DIGITAL CONVERGENCE
Adalah sebuah kondisi beberapa platform media yang bersinergi untuk beroperasi pada single platform. Misalnya saja televisi, radio, koran, pada satu platform online. Media dapat mencapai audiens kapanpun dan dimanapun. Adanya cross media distribution.
0 pendapat